Sinergi KAI dan DAMRI untuk Permudah Masyarakat Bertransportasi Antarmoda

Siaran Pers
31Januari 2022
 
PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Perum DAMRI untuk menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan Bus DAMRI. Pelanggan KA Jarak Jauh dapat memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access. 

Peresmian integrasi layanan Bus DAMRI pada aplikasi KAI Access tersebut dilakukan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Utama Perum DAMRI Setia N. Milatia Moemin di Stasiun Gambir pada Senin (31/1).
 
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, inovasi ini merupakan langkah KAI dalam membangun suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh.

Integrasi antarmoda pada aplikasi KAI Access merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui kemudahan memesan tiket Bus DAMRI pada satu aplikasi.

Layanan antarmoda ini diharapkan dapat membantu pelanggan KA yang ingin melanjutkan perjalanannya menggunakan Bus DAMRI ke tujuan selanjutnya ataupun sebaliknya. 

“KAI terus mengembangkan aplikasi KAI Access dalam rangka melanjutkan transformasi digital yang saat ini sedang KAI gencarkan,” ujar Didiek.
 
Direktur Utama Perum DAMRI Setia N. Milatia Moemin mengatakan [dengan adanya kerjasama ini kami harap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam perjalanan First Mile dan Last Milenya, memudahkan pelanggan dalam bertransportasi. DAMRI pun terus mengembangkan sistem digitalisasi dalam penjualan tiket, melalui DAMRI Apps maupun Website DAMRI.]

Pada tahap awal, tiket Bus DAMRI dapat dipesan dari KAI Access adalah rute Stasiun Gambir – Bandara Soekarno-Hatta pp serta Stasiun Yogyakarta – Hotel Wisata Magelang pp. Rute tersebut dipilih karena merupakan rute yang diminati pelanggan selama ini setelah atau sebelum menggunakan layanan Kereta Api. Ke depan rute Bus DAMRI yang dapat dipesan melalui KAI Access akan semakin dikembangkan.

Untuk dapat menggunakan layanan add on Bus DAMRI, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Access nya ke versi 4.9.0. Cara untuk mendapatkan tiket Bus DAMRI adalah dengan memilih tiket KA yang sudah dibeli pada menu my ticket, lalu pilih menu layanan, kemudian pilih menu Bus. Menu layanan Bus tersedia di aplikasi KAI Access hingga 1 jam sebelum kedatangan kereta di stasiun tujuan.

Metode pembayaran yang dapat digunakan untuk layanan antarmoda KAI – DAMRI adalah melalui KAIPay, e-Wallet, dan QRIS. Setelah berhasil melakukan pembayaran, pelanggan akan mendapatkan QR Code Bus DAMRI untuk selanjutnya ditunjukkan kepada petugas di loket DAMRI. 

Untuk info lebih lanjut terkait layanan pemesanan Bus DAMRI pada aplikasi KAI Access, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

VP Public Relations KAI
Joni Martinus

Leave a comment