Kamera 360 Derajat Pada Kendaraan

Car-DVR-camera-360-degree-all-round.jpg

Haloo…..apa kabar?

Kita tentu sudah familiar dengan kamera mundur pada kendaraan roda empat (mobil), manfaat yang diberikan cukup besar….nah bayangkan kalau dengan satu kamera mundur saja bisa mendapatkan banyak manfaat bagaimana dengan keberadaan kamera yang bisa melihat seluruh sisi mobil? Pastinya akan lebih banyak manfaatnya bukan?

Di jaman sekarang sudah banyak kamera 360 derajat atau dikenal juga dengan Around View Monitor dijual di toko toko asesoris kendaraan, dinamakan begitu karena melalui teknkologi ini pengemudi bisa melihat keadaan sekeliling mobil dengan melihat layar monitor. Tampilan di layar akan terlhat mobil dan area sekililingnya dari atas, layaknya pandangna seekor burung yang terbang sedang melihat ke bawah oleh karena itu teknologi ini juga dinamakan bird’s eye view camera.

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2007 oleh Infinity, teknkologi ini dijadikan fitur standar di Infinity FX50. Setelah itu banyak merk turut mengaplikasikannya seperti Nissan Elgrand, Nissan All New X-Trail dan Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×4, Toyota Alphard dan beberapa varian BMW. Weh mobil mewah semua tuh….lha iya wong fitur istimewa kok….hehehe… Tapi sekarang sudah bisa dibeli bebas di toko toko asesoris kok…

360cam00.jpg

Cara kerja kamera ini memanfaatkan empat kamera yang dibantu modul tambahan. Kamera diletakkan di depan, belakang dan bawah spion kiri kanan. Untuk versi aftermarket cara penggunaannya cukup memindahkan tuas perseniling pada gigi mundur maka otomatis layar monitor head unit akan terbagi dua penglihatan. Sisi kanan monitor memperlihatkan gambar kamera belakang, sedangkan sisi kiri akan menampakkan visibilitas 360 derajat.

Cara kedua mengaktifkan fitur ini adalah dengan mengaktifkan tuas lampu sein. Saat sein kiri aktif maka di monitor akan terlihat pandangan dari kamera sebelah kiri, begitu pula sebaliknya. Ada cara ketiga yang diset melalui tombol hazard, dengna menekan tombol hazard dua kali maka akan tampak pada monitor visiblitas kamera depan dan penampakan 360 derajat, lantas tinggal menekan dua kali tombol hazard kembali untuk menonaktifkannya. Fitur ini akan non aktif sesuai dengan waktu yang di set saat pemasangan.

Oiya, ada syarat bagi mobil yang ingin dipasang fitur ini, yaitu harus sudah dilengkapi head unit bermonitor. Dalam satu paketanya tersedia 4 kamera dan satu modul prosesor untuk membuat tampilan kamera terintegrasi dengan head unit standar. Namun sayang bagi mobil yang sudah dilengkapi kamera mundur (belakang) malah tidak akan bisa memanfaatkannya sebab trik dagang eh kamera standar hanya memiliki sudut 130 derajat, sementara kamera aftermarket memiliki sudut pandang lebih lebar yakni 192 derajat.

360-degree-car-camera-system-accessories-for.jpg

Nah begitu skilas mengenai kamera 360 derajat pada mobil…..gimanaa? Tertarik untuk mengaplikasikannya pada mobil anda?

Disadur dari Auto Bild edisi 359

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s