Tiga Kali Tilang SIM Dicabut Dan Nama Diblokir

PENERTIBAN-LANTAS.jpg

Haloo…apa kabar?

Baru baru ini kepolisian RI mengeluarkan kebijakan yang ngeri ngeri sedap bagi pengendara kendaraan bermotor… Yaitu SIM dicabut bila kena tilang tiga kali….waah waaah….tidak hanya itu namapun akan diblokir sehingga tidak bisa lagi membuat SIM dimana saja karena sekarang sudah serba online sehingga data saling terintegrasi. Mantaaab….

Menurut Ketua PN Jakbar Achmad Setyo Pudjoharsoyo didampingi Kepala Kejari Jakbar Dr Reda Manthovani di PN Jakbar, Jalan S Parman, Jakbar, Jumat (30/12/2016), melalui detik.com.“Karena nanti ke depan biar lembar merah atau lembar biru kenanya. Kalau tiga kali (kena tilang), akan jadi masalah. Pasti dia diblokir SIM-nya. Jadi nggak bisa mengajukan SIM ke mana-mana. Nanti ke depan akan ke sana. Nanti STNK-nya beberapa kena tilang ketika membayar pajak dibebani juga bayar plus tilang. Jadi jangan main-main dengan tilang ini”

Jadi selain SIM diblokir juga pada saat membayar pajak tahunan akan ditambah beban tilang….weleh weleh….makin ngeriii….

ferrari-tembus-jalur-busway-kena-tilang-polisi-20130920165012.jpg

Kebijakan ini adalah salah satu bagian dari pembenahan sistem tilang yang terus dilakukan.  Ada 3 point yang bisa dilihat dalam aturan baru yang dijelaskan Ketua PN Jakbar yakni:

  1. Memotong alur dengan tilang elektronik (e-tilang).
  2. Pengadilan berbenah dengan memotong alur, yaitu tanpa perlu sidang.
  3. Ke depan, akan dikenakan pencabutan SIM apabila pengendara terkena tilang tiga kali dalam satu periode.

Pemotongan alur tanpa sidang disahkan lewat Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 12 Tahun 2016. Ketika ditilang, pelanggar diberi dua pilihan slip, yaitu lembar warna biru dan lembar warna merah. Tertilang bisa pilih e-tilang, atau pilih proses manual. Melalui Perma 12 itu, MA memotong alur, yakni tidak perlu persidangan, tetapi langsung mengambil ke jaksa.

Naaah…oleh karena itu yuuk mari kita sadar berlalu lintas… Patuhi peraturan, jangan melanggar, tidak ugal ugalan…untuk kebaikan kita sendiri, daripada kena tilang berulang kali terus ngga bisa bikin SIM lagi….repot deeh…. Gimanaa???

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s