Inovasi Anak Bangsa: Skuter Listrik Layak Produksi Massal Hasil Kolaborasi Garansindo Dan ITS

gesits-garansindo_10-640x420_c.jpg

Haloo…apa kabar?

Hari ini, Selasa (3/5), di Gedung Riset Mobil Listrik – ITS, Surabaya, Jawa Timur resmi diluncurkan GESITS (Garansindo Electric Scooter Institut Teknologi Surabaya), sebuah skutik bertenaga listrik hasil kolaborasi antara Garansindo dan ITS. Skutik ini diharapkan bisa menjadi tonggak dimulainya orientasi industrialisasi kendaraan listrik, khususnya sepeda motor listrik, di Tanah Air.

Diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, memberikan secercah harapan terhadap industri otomotif nasional bahwa pemerintah pun sebetulnya mendukung hal ini. Secara desain, durabilitas, dan harga terjangkau harus benar-benar dibuat agar sesuai yang dibutuhkan pasar dan masyarakat. Harapannya skutik ini bisa dijual di bawah Rp 20 juta…

motor-listrik-ITS_2016_02-640x420_c.jpeg

Pimpinan proyek GESITS, M. Nur Yuniarto, menyambut positif semangat yang dilemparkan Garansindo kepada ITS. “Ini apresiasi yang membanggakan bagi kami. Kami akhirnya mampu menciptakan sepeda motor listrik pertama di Indonesia dengan teknologi seperti kebanyakan kendaraan listrik modern yang dikembangkan dunia sampai hari ini,” katanya. Semua komponen di desain dan dibuat oleh tim pengembangan GESITS ini…kecuali baterai yang masih mengandalkan baterai yang beredar di pasaran.

gesits-garansindo_03-640x420_c.jpg

GESITS merupakan sepeda motor skutik otomatis bertenaga listrik dengan daya motor 5KW atau setara 6,7 hp. Sumber energi didapat dari baterai lithium ion, diyakini menempuh jarak sejauh 80 – 100 km untuk satu kali pengisian baterai. Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 – 3 jam. Dengan kecepatan maximum dapat mencapai 100km/jam (dapat disetarakan dengan motor berbahan bakar konvesional bertenaga 125cc).

Sebagai kendaraan listrik, GESITS tidak mengeluarkan emisi gas buang. Dalam perjalanan pengembangan GESITS, ITS yang telah terbukti memiliki kemampuan di bidang pengembangan kendaraan listrik telah bekerja keras dengan keandalan, kemampuan dan pengalaman seluruh team yang dilibatkan, ditambah dengan pengalaman Garansindo di dunia otomotif selama hampir 15 tahun.

Garansindo akan segera merealisasi agar GESITS dapat segera diproduksi secara masal pada tahun 2017 dan dapat segera siap dijual ke konsumen pada tahun 2018. Maka langkah selanjutnya disamping masih diperlukan beberapa penyempurnaan dan pengujian dalam waktu dekat yang harus dilalui, Garansindo akan segera mempersiapkan basis manufaktur.

Mudah mudahan pemerintah yang diwakili pak menteri benar benar mendukung industri otomotif roda dua nasional yang diprakarsai oleh Garansindo ini. TIdak perlu keluar uang toh sudah ada Garansindo yang mendanai..dari sisi kebijakan saja yang tidak berat sebelah membela yang bayar…#eh Dan mudah mudahan belajar dari kakus kasus mobil listrik jangan ada lagi pembodohan mengenai uji emisi yang harus dilalui oleh motor listrik ini….Gimanaaa???

gesits-garansindo_27.jpg

 

Advertisements

6 responses to “Inovasi Anak Bangsa: Skuter Listrik Layak Produksi Massal Hasil Kolaborasi Garansindo Dan ITS

  1. model cakep… mudah2 versi masspro pakai v-belt.. lakunya matik salah satunya ya karna pakai v-belt, biar gak repot perawatannya…

  2. klo lihat built qualitynya emang tidak sehalus motor jepang spt gambar diatas lampu depan yang paksa nempel ke body depan.. tapi harus diapresiasi karena produk dalam negeri..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s