Yang Terjadi Di Balik Umroh (Sangat) Murah Bag.3

rtr495nj.jpg

Haloo…apa kabar?

Wah artikelnya sampai jilid 3??? Ga salah??? Buanyak amaaaat….

Well…. topik yang agak sensi karena keterkaitannya dengan ibadah seseorang…. Tapi kali ini artikel dari kemenag.go.id sendiri menyatakan bahwa ada unsur money games dalam skema umroh “terencana”. Dinamakan umroh terencana karena bayar sekarang berangkat direncanakan tahun depan….

Berikut adalah tulisan dari seorang teman saat pembahasan mengenai artikel yang ada di website Kemenag tersebut.

Padahal dalam pandangan syariat islam hal yg demikian (money games) sudah jatuh ke dalam System Riba. Karena dengan system yang dibuat, yakni pembayaran harus lunas sebelum keberangkatan dengan masa tenggang waktu tertentu yang ditetapkan oleh pihak travel, meski mereka mengistilahkan system bagi hasil dari simpan uang sebagai modal tersebut pada travel untuk  dibuat Modal Usaha oleh pihak travel.

Sedangkan jika uang dibuat untuk modal usaha, maka selalu akan ada 2 kemungkinan : Untung atau Rugi.‎

Padahal pihak jama’ah menginginkan hanya untung saja dalam usaha tersebut, yakni karena dengan biaya uang yang murah tersebut, mereka sudah akan berangkat umroh, tanpa memikirkan kemungkinan rugi di dalam proses perputaran uang modal mereka tersebut. Di sinilah jatuhnya system tersebut menjadi : Riba.

» Karena Riba adalah :

Pendapat para ahli fiqih berkaitan dengan pengertian riba, antara lain sebagai berikut. Menurut Al-Mali pengertian riba adalah akad yang terjadi atas pertukaran barang atau komoditas tertentu yang tidak diketahui perimbagan menurut syara’, ketika berakad atau mengakhiri penukaran kedua belah pihak atau salah satu dari keduanya.

Menurut Abdul Rahman Al-Jaziri, pengertian riba adalah akad yang terjadi dengan pertukaran tertentu, tidak diketahui sama atau tidak, menurut syara’ atau terlambat salah satunya.

Pendapat lain dikemukakan oleh syeikh Muhammad Abduh bahwa pengertian riba adalah penambahan-penambahan yang disyaratkan oleh orang yang memiliki harta kepada orang yang meminjam hartanya (uangnya), karena pengunduran janji pembayaran oleh peminjam dari waktu yang telah ditentukan.

Bila demikian, masih kah berharap Mabrurnya Umroh / Haji dgn Dana Talangan?

Semoga Allah ampunkan khilaf dan ketidaktahuan kita yang telah lalu…Allahumma Aamiin

Yang Terjadi Di Balik Umroh (Sangat) Murah Bag.1

Yang Terjadi Di Balik Umroh (Sangat) Murah Bag.2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s