Save Moro Moro

moro-moro

Halo apa kabar?

Di balik gemerlapnya persaingan industri dan was wasnya persaingan MEA sebetulnya masih banyak pe er kita sebagai orang Indonesia untuk membenahi diri sendiri…. Mengingat banyaknya penduduk yang hidup di daerah tertinggal dan terpencil yang harus menyingkir karena kemiskinan dengan adanya kemajuan jaman malah harus makin menyingkir dan kehilangan haknya sebagai penduduk Indonesia…… itu yang terjadi di Moro Moro, Mesuji Lampung.

Ada 4 sekolah ditutup di Mesuji, Lampung & 400 anak terancam putus sekolah. Penyebabnya karena sekolah mereka berlokasi di Register 45, sebuah wilayah konflik agraria di kabupaten Mesuji, Lampung. Wilayah ini adalah lahan tidur yang ditinggalkan sebuah perusahaan pemegang konsesi Hak Pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HPHTI) pada tahun 1996-1997 karena dampak krisis moneter. Sejak saat itu hingga sekarang (18 tahun lamanya) masyarakat membangun kampung bernama Moro-Moro. Mereka mendirikan sekolah, tempat ibadah dan posyandu secara swadaya. Mereka juga telah menghijaukan lahan seluas 2.400 hektar yang dulu hanyalah hamparan alang-alang.

Sejak sekolah ditutup pada Mei 2015, kegiatan belajar mengajak harus berpindah ke sekolah-sekolah induk yang jaraknya 20km dari rumah mereka di Moro-Moro. Setiap berangkat dan pulang sekolah mereka diangkut oleh truk terbuka, berdiri berjejalan, dibawah terik matahari, debu jalanan dan hujan. Anak-anak kecil mengaku sering kelelahan dan sulit konsentrasi belajar. Puluhan diantara mereka bahkan sudah mulai mengeluh ingin berhenti sekolah. Guru-guru dan orangtua yang sedih dan kebingungan hanya bisa berupaya membujuk mereka agar bersabar dan tetap semangat sekolah.

#WeSaveMoroMoro

Berikut Videonya…

Advertisements

2 responses to “Save Moro Moro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s