Yang Terjadi Di Balik Umroh (Sangat) Murah Bag.2

KA'BAH.jpg

Halo…apa kabar?

Kalau di bagian 1 YHT membahas mengenai potensi negatif yang bisa terjadi dengan paket umroh sangat murah maka di bagian 2 ini akan dibahas mengenai komponen yang harus diketahui oleh calon jamaah yang ingin berangkat umroh.

Namun sebelumnya harus dipahami bahwa harga umroh yang mahal itu lebih disebabkan karena nilai dollar yang naik, kalau diperhatikan sebetulnya secara dollar harganya tidak banyak berubah…hanya memang begitu di konversikan ke rupiah menjadi “mahal”. apalagi dengan kebijakan pemerintah yang mengharuskan transaksi, penempatan harga di brosur maupun spanduk di dalam negeri menggunakan rupiah, makin terlihat mahal lah harga tersebut…hehe…

Nah di awal musim umroh kemarin di penghujung tahun 2015 beredar kabar bahwa banyak jamaah umroh tertipu dan gagal diberangkatkan oleh travel umroh tak berizin dan wacana bahwa Kementerian Agama akan mengambil alih penyelenggaraan umroh sehingga menuai pro kontra namun dibantah oleh Menteri Agama…  Nah oleh karena itu masyarakat perlu memahami seberapa besar biaya umroh dari paket umroh yang wajar, dengan mendetailkan struktur biaya dari masing masing komponennya. Secara umum, komponen biaya umroh adalah transportasi udara, penginapan/akomodasi, transportasi lokal, katering, muthawif / local handling, visa dan keuntungan travel.

1. Transportasi udara

Besaran biaya transportasi udara biasanya bergantung dari beberapa faktor yaitu jenis maskapainya (full service, medium atau LCC), waktu keberangkatan, harga minyak dunia dan banyak hal lainnya. Secara umum, biaya maskapai full service adalah US$1.100 keatas, medium US$900 keatas dan LCC di US$700 keatas.

2. Penginapan / Akomodasi

Biaya untuk fasilitas ini di Tanah suci paling rendah adalah sekitar 100 US$ untuk penginapan 6-7 hari per kepala untuk fasilitas sekelas apartemen / flat yang lokasinya tentu saja jauh dari masjid. Untuk hotel bintang 3 sekitar US$200, bintang 4 sekitar US$300 dan bintang 5 diatas US$400.

3. Transportasi lokal

Untuk transportasi lokal, biaya standar untuk penyewaan bis yang mengikuti sekitar US$100 untuk bis AC dengan fasilitas paling rendah.

Ada juga pilihan untuk menggunakan SAPTCO (seperti DAMRI) yang menyediakan fasilitas bis antar kota (Jeddah, Makkah, Madinah) dengan biaya sekali jalan sekitar US$15.

4. Katering

Biaya sekali saji adalah sekitar 5-6 US$ per sajian. Mengasumsikan bahwa jamaah harus makan 21 kali dalam waktu 7 hari maka biaya paling sedikit yang harus dikeluarkan tidak kurang adri US$100

5. Muthawif/Local Handling

Untuk muthawif, full service besaran biayanya adalah sekitar US$100 selama 8 hari.

6. Visa

Biaya visa bervariasi antara US$55 – US$75  bergantung musim.

7. Keuntungan Travel Biro

Komponen biaya ini tidak ada standarnya, tapi tentu saja sulit kita bisa bayangkan ada travel biro yang keuntungannya hanya dibawah 5% dari biaya dasar. Adalah hal yang sangat wajar jika travel biro sebagai penyelenggara mengambil keuntungan (fee) sedikit dari pengelolaan paket umroh.

Selain biaya biaya tersebut, masih ada komponen biaya lain seperti pengurusan pasport, toolkit (kaos, seragam, buku) yang seringkali merupakan tanggung jawab pribadi.

Dengan hitungan tersebut, maka biaya umroh minimal untuk paket umroh dengan level fasilitas terkait adalah

i. Non Bintang : US$1400

ii. Bintang 3 : US$1700 – US$1800

iii. Bintang 4 : US$1900 – US$2000

iv : Bintang 5 : US$2100 ke atas

Dengan rate Dollar yang mencapai 14.000 an saat ini tentu saja kita bisa mengasumsikan bahwa jika ada paket umroh yang dijual dibawah Rp18.000.000 tidak akan menutupi modal bisnis. Lalu kenapa masih banyak saja travel umroh yang menjual paket umroh dengan harga sangat murah ?

Apakah travel umroh yang menjual paket dengan harga sedemikian itu hanya sekedar promosi ? atau hanya gali lobang tutup lobang saja ?. Lalu juga kenapa banyak travel umroh yang menjual paket dengan harga miring menerapkan sistem antrian dengan alasan kuota ? Padahal beda dengan haji yang memiliki kuota, umroh tidak ada batasan sama sekali.

Apakah kita sedang menuju “kiamat” penyelenggaraan umroh? dari data yang ada, ada beberapa ratus ribu calon jamaah umroh masuk “daftar antrian” dengan model umroh murah seperti ini ?

Jadi jangan menjadi jamaah yang tidak terinformasi…dan jangan jadi jamaah yang egois…”yang penting saya sudah berangkat”, c’mon, sangat disayangkan kalau sampai ada yang punya pemikiran seperti itu….mau dikemanakan nilai nilai ibadahnya?

Entahlah, Intinya, hati hati, jangan beresiko dalam ibadah umroh. Seperti ungkapan “thing that is too good to be true, probably is”

Tulisan asli dari kompasiana 

Gimanaaa??

Yang Terjadi Di Balik Umroh (Sangat) Murah Bag.1

Advertisements

One response to “Yang Terjadi Di Balik Umroh (Sangat) Murah Bag.2

  1. Pingback: Yang Terjadi Di Balik Umroh (Sangat) Murah Bag.3 | yht2506·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s