Ketika Yang Mulia Hakim Membuat Keputusan Tidak Mulia

hakim-parlas_20160105_180053.jpg

Halo apa kabar??

Awal tahun dikejutkan dengan berita menyebalkan bahwa pembakar hutan bebas lenggang kangkung karena tindakannya dianggap tidak merusak lingkungan….Dalam putusannya Yang Mulia Hakim Parlas Nababan menolak seluruh gugatan perdata yang diajukan Kementerian LHKterhadap PT Bumi Mekar Hijau (BMH) dengan alasan dari hasil laboratorium diketahui, tidak ada indikasi tanaman rusak karena setelah lahan terbakar, tanaman akasia masih dapat tumbuh dengan baik.

Kemudian, pihak penggugat juga tidak dapat membuktikan adanya kerugian ekologi, seperti adanya perhitungan kehilangan unsur hara dan kehilangan keanekaragaman hayati. Dengan demikian, perbuatan melawan hukum yang dilakukan PT BMH tidak dapat dibuktikan.

Padahal seperti kita ketahui bersama dampak yang dirasakan tidak hanya regional bahkan sampai tigkat internasional….dan kerugian bukan hanya materi tapi juga nyawa…. berapa juta orang yang harus hidup menderita ISPA pasca terkena paparan asap akibat hutan hutan yang dibakar? Lingkungan mana yang tidak dirusak??

Sanggahan yang tidak masuk akal…. Bagaimana dengan hewan hewan dan tumbuhan yang mati dan habis dilalap api? Butuh berapa lama untuk bisa membuat hutan yang abis dibakar itu menjadi sedia kala?? Lingkungan mana yang tidak dirusak??

Sungguh sangat mengecewakan dan menciderai rasa keadilan…..cukup orang awam saja tidak perlu melibatkan ahli lingkungan hidup untuk bisa melihat bahwa dampak buruknya terhadap lingkungan sangat hebat…. Lingkungan mana yang tidak dirusak??

Respon para netizen begitu marah dan kecewa….hingga banyak meme beredar mengecam putusan sang hakim….

meme-hakim-palembang (1).jpg meme-hakim-palembang (2).jpg

meme-hakim-palembang (3).jpg meme-hakim-palembang (4).jpg

meme-hakim-palembang (5).jpg meme-hakim-palembang (6).jpg

meme-hakim-palembang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s