TIK Untuk Indonesia Cerdas

Halo….apa kabar?

TIK untuk Indonesia Cerdas…. Bukan…bukan mesin ketik, karena itu sudah lama kita tinggalkan….paling diperlukan saat bikin laporan pajak saja…itupun sudah jarang hehehe….. Yang dimaksud adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi, ya bagi yang familiar dengan media sosial, blog, website, aplikasi chatting itu adalah sebagian dari teknologi informasi dan komunikasi. Sementara itu masih banyak hal hal yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang belum tersentuh namun diharapkan bisa membawa kebaikan bersama untuk masyarakat.

Nah dengan adanya Kelompok Keilmuan Teknologi Informasi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (KKTI-STEI ITB) yang bekerjasama dengan e-Indonesia Inititive Forum (eII) Forum  dan Smart Indonesia Initiatives (SII) Forum berperan sebagai fasilitator bertemunya para pemangku kepentingan untuk saling bertukar pikiran dalam penelitian, pengembangan, kebijakan, maupun penggunaan TIK mengadakan konferensi dengan tema “TIK Untuk Indonesia Cerdas” yang diselenggarakan pada 15-16 Oktober 2015 di Aula Timur dan Aula Barat, Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha No. 10 Bandung. Diharapkan masyarakat luas bisa memanfaatkan TIK untuk hal hal yang lebih luas lagi.

Print

Terkait TIK  yang sedang popular saat ini adalah konsep smart city atau kota cerdas. Konsep ini  mempunyai kontribusi penting untuk perwujudan kecerdasan mengelola lingkungan, perusahaan, industri, keamanan, pemerintahan hingga perkotaan. Smart City ialah konsep kota cerdas yang membantu masyarakat mengelola sumber daya secara efisien dan memberikan informasi yang tepat dalam melakukan kegiatan atau mengantisipasi kejadian tidak terduga.

Berbagai macam inovasi lain yang mendukung ke arah smart city telah ditemukan antara lain adalah Smart Energy, yang telah membuat inovasi efisiensi energi listrik yang diterapkan pada pendeteksi Penerangan Jalan Umum (PJU), Smart Tourism, sebuah inovasi yang telah mengawasi objek wisata di wilayah kota dalam hal pengunjung dan minat kunjungan, sehingga bisa membantu pemerintah dalam memajukan indeks peningkatan objek wisata di kota, Smart Commerce, dan smart smart lainnya…..

Nah kalau berminat dengan teknologi informasi dan penasaran dengan acaranya bisa cek ke website jadwalseminar.net atau langsung ke eii-forum.or.id atau smartcityindonesia.org untuk lebih jelasnya…. Gimanaa??

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s