Mobil Listrik “Nasional” Akhirnya Lulus Uji Emisi dan Laik Jalan? Ya Nggalah…

192033_mobillistrikpln2

Halo…apa kabar?

Beredar kabar bahwa PT Great Asia Link (Grain), pihak swasta yang pabriknya berlokasi di Gresik, Jawa Timur siap menjual mobil listrik produksinya secara massal tahun depan…. Loh bukannya proyek mobil listrik dibekukan pemerintah? Bahkan desas desusnya akan diambil alih negara tetangga…. Bukan…bukan mobil listrik yang itu…kalau dari berbagai artikel yang YHT baca yang dibekukan adalah mobil listrik riset (riset doang…belum tentu direalisasikan) sedangkan yang ini murni swasta dan tidak ada hubungannya dengan anggaran dari pemerintah. Ditambah lagi sudah lulus uji emisi…..

Uhm….lalu seberapa nasionalkah mobil listrik yang diproduksi oleh GRAIN ini? Seperti yang YHT sudah duga sebelumnya Komisaris PT Grain, J.E Sendjaya ketika dihubungi detikFinance mengungkapkan bahwa “Tingkat komponen dalam negerinya baru 20%, sisanya 80% masih kita impor,” Jadi belum layak dibilang mobil nasional, walaupun ditargetkan dalam 5 tahun ke depan komponen dalam negeri dalam mobil listrik ini bisa di atas 50%. Jujur saja YHT agak gondok ketika baca judul judul berita yang bombastis menyatakan seolah olah mobil ini murni buatan Indonesia dengan menuliskan mobil listrik nasional dan made in Gresik…. Kalau cuman merakit ya tulis aja rakitan Gresik gitu lhoo….

Jujur saja melihat bentuknya memang mengingatkan tipikal mobil buatan negeri tirai bambu China… Masih ingat mobil Esemka? Kurang lebih sama seperti itulah jadi impor secara CKD dan dirakit di Indonesia….hanya saja pengimpor mobil listrik ini lebih bermodal hehehe……

Oiya ada yang komen majulah industri otomotif nasional? atau ada lagi yang komen kasih kesempatan untuk alih teknologi? Bagus sih positive thinking….tapi jangan terlalu naif lah….kita lihat pabrikan otomotif yang sudah ada sekarang…sudah seberapa jauh alih teknologinya?

Gimanaaa???

Mobil Listrik Tidak Lulus Uji Emisi

Mobil Listrik Diakuisisi Negara Tetangga

Motorsport Listrik Buatan Indonesia

Advertisements

One response to “Mobil Listrik “Nasional” Akhirnya Lulus Uji Emisi dan Laik Jalan? Ya Nggalah…

  1. Pingback: Riset Kendaraan Bertenaga Alternatif? Boleh Kok… Asaaal… | yht2506·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s