Kalau Dicuekin Polisi Saat Lapor Kasus, Silahkan Adukan Ke Sini

ilustrasi

Halo..apa kabar?

Kepolisian Republik Indonesia seharusnya mampu mengayomi serta memberikan rasa aman di tengah masyarakat. Sebagaimana tertuang dalam UU No 2/2002 tentang Kepolisian Negara RI, “bahwa pemeliharaan keamanan dalam negeri melalui upaya penyelenggaraan fungsi kepolisian yang meliputi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku alat negara yang dibantu oleh masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.”

Masyarakat yang merasa menjadi korban suatu tindak pidana berhak melapor kepada Kepolisian setempat untuk kemudian akan dicari pelaku kejahatannya. Namun apa yang terjadi di lapangan seringkali berbeda dengan teori yang ada…. Tidak jarang ditemui adanya ‘oknum’ anggota kepolisian yang kerap melenceng dari fungsi dan tugasnya sebagaimana tertuang dalam UU dan Tribrata sebagai nilai dasar dan pedoman moral Polri. Polisi memakai narkoba, polisi ikut terlibat dalam sebuah komplotan penjahat kerap mewarnai dunia kriminal tanah air. Bahkan laporan masyarakat terkadang tidak ditanggapi sebagaimana mestinya, seperti beberapa berita yang sempat beredar belakangan ini di media massa maupun kalangan netizen.

Hal tersebut tentu membuat gerah institusi kepolisian itu sendiri sehingga walaupun masih banyak polisi yang baik dan jujur, Mabes Polri tidak tinggal diam dan mengimbau agar masyarakat melaporkan jika melihat ada anggota polisi nakal. Seperti dilansir dari Divisi Humas Mabes Polri, Rabu (8/4), agar bisa melaporkan anggota polisi nakal, masyarakat diminta untuk mencatat nama, pangkat dan kesatuan anggota tersebut. Kemudian melaporkan ke Bidang Propam atau menghubungi Div Propam Polri melalui No Telp (021-7218615).

Tak hanya lewat telepon, masyarakat juga bisa melaporkan lewat online di Website Div Propam Polri: http://www.propam.polri.go.id/?mnu=pengaduan.

Polri menjamin akan menjaga identitas warga yang melapor. “Jangan biarkan ada oknum masyarakat menyuap, jangan biarkan ada oknum Polri menerima suap.” demikian imbauan Mabes Polri. Nah jelas sudah bahwa masyarakat punya hak untuk melaporkan oknum polisi yang meresahkan, mudah mudahan kejadian seperti yang baru baru saja terjadi tidak terulang….. Kalaupun sudah dilaporkan tetapi tidak ditanggapi oleh polisi baru sebarkan melalui media sosial…..

Gimanaaa???

Advertisements

4 responses to “Kalau Dicuekin Polisi Saat Lapor Kasus, Silahkan Adukan Ke Sini

  1. Saya kok agak ngeri ya, tar malah pelapor yg masuk penjara. Bukannya apa, KPK aja kalah kok, apalagi masyarakat biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s