Inovasi Anak Bangsa: Fin Komodo, Mobil Offroad Ringan

P1080564

Halo…apa kabar?

Bicara mobil nasional tentu akan membuat kita mengingat sakitnya hati para pemilik ide dan konsep yang hanya diekspos sebagai alat pencitraan dan setelah itu dibuang…. habis manis sepah dibuang….kalo kata peribahasa…. Tapi terlepas dari tidak diperhatikannya industri otomotif lokal (bukan investasi asing) oleh pemerintah ada beberapa produsen mobil yang menolak untuk diam dan tetap berkarya..salah sataunya adalah Fin Komodo.

Tentunya sudah banyak yang tahu mengenai Fin Komodo yang bernaung di bawah PT Fin Komodo Teknologi (PT. FKT) yang dibidani oleh Pak Ibnu Susilo. Pria yang pernah berkarir di PT Dirgantara Indonesia (PT. DI) ini mendirikan PT FKT setelah mengundurkan diri dari PT. DI. Bergerak dibidang engineering dan teknologi, PT FKT memproduksi kendaraan tipe offroad cruiser.

172280_1594373220256_1263705747_31332464_7562117_o

Spesifikasi Fin Komodo sendiri adalah sebagai berikut:

RANGKA: Tubular dengan system monocoque, dan dianalisa dengan menggunakan metoda perancangan pesawat terbang, sehingga mendapatkan rangka/bodi yang ringan tetapi kokoh untuk digunakan di medan off-road, serta dapat melindungi penumpang dari kondisi yang ekstrem secara aman.

BODI: Ringan dan kuat terbuat dari bahan komposit guna menahan lumpur dan kerikil yang dapat membahayakan pengemudi/penumpang serta untuk kenyamanan berkendaraan.

SUSPENSI: Sistim double wishbone yang full independen baik untuk suspensi depan maupun belakang guna mendapatkan kenyamanan yang optimal pada jalanan aspal, batu, tanah, lumpur baik kondisi kering maupun basah, serta aman bila digunakan untuk jalanan menikung atau yang sifatnya memiliki kemiringan.

BAN: Ban khusus untuk medan off-road, serta ringan tipe all terrain dapat digunakan pada jalanan kering maupun basah.

MESIN: All Terrain Vehicle (mesin kendaraan segala medan) dengan mesin 4 langkah (four stroke) dengan kapasitas silinder 250 cc dan maximum momen puntir 17,6 Nm/5500 Rpm, sangat mudah perawatanya, murah operasionalnya dan tersedia suku cadangnya, dengan kapasitas mesin yang kecil, kami berikan performance yang maksimal.

TRANSMISI: Automatic.

SISTEM PENGGERAK: Sistim penggerak dua roda belakang yang di kunci pada sebuah poros roda (axle) dan ditransmisikan oleh rantai / sprocket.

REM: Sistim rem cakram 2 buah untuk roda depan dan 1 buah untuk roda belakang, guna mendapatkan system pengereman yang optimum dan daya cengkeram ban di tanah yang stabil pada kondisi kering atau basah.

LAMPU: Dilengkapi lampu depan, lampu rem dan lampu sign sehingga dapat dioperasikan pada malam hari.

STEERING SYSTEM: Sistim Rack and Pinion, sehingga pengendalianya sama dengan mobil biasa pada umumnya.

KD250AT Kanvas 176170_1594373180255_1263705747_31332463_1587809_o

170509_1583603391017_1263705747_31313713_8043068_o 100000_fin

Benar benar sebuah kendaraan serba guna…mulai dari rekreasi, kompetisi, pertambangan sampai penyelamatan…. Bahkan bisa untuk mengangkut sawit juga…

Kereeen… Salut buat tim Fin Komodo yang bisa terus eksis dan mudah mudahan bisa berkembang lebih besar… Jangan sampai pindah ke negara lain yaa… Kalau mau info lebih lanjut bisa langsung sambangi websitenya di http://www.finkomodo.com/

Gimanaaa?

Baca juga inovasi inovasi lainnya:

Sepeda Motor Listrik Beroda Satu

Jaket Anti Kantuk

Helm Yang Punya Manfaat Plus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s