Mulai 27 September 2015 Sudah Bisa Perpanjang SIM Online

picsay-1442633269

Halo… Apa kabar?

Kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya SIM kini bisa diperpanjang secara online… Wah sebuah terobosan baru dilakukan oleh Kepolisian Indonesia, bagi para pemilik SIM yang menjelang habis masa berlakunya bisa diperpanjang secara online…jadi bisa dilakukan dimana saja tanpa perlu datang ke Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas SIM) dimana pertama kali membuat SIM. Syaratnya tentu saja SIM masih harus berlaku, bukan SIM yang sudah kadaluwarsa….

Perpanjangan SIM online itu akan diluncurkan saat car free day di kawasan Sudirman-Thamrin pada Minggu (27/9/2015) mendatang.”Nanti bagi yang membuat SIM di wilayah Polda Metro Jaya atau warga Jadetabek bisa melakukan perpanjangan SIM dari manapun,” kata Juru bicara Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang juga menjabat Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Ipung Purnomo.

“Jadi apabila sedang di luar kota dan SIM-nya habis, ya tinggal datang saja ke Satpas SIM di kota ia berada,” lanjut Ipung. Prosedurnya sama saja, yakni hanya perlu membawa SIM yang sudah diperpanjang dan KTP yang sudah memakai NIK E-KTP. Bahkan, kata Ipung, tak perlu juga datang ke Satpas SIM, perpanjangan online juga bisa dilakukan di lokasi-lokasi SIM keliling.

Namun, pembuatan SIM baru, tetap harus di daerah asal sesuai KTP, walau sudah dilakukan secara online. “Syarat-syarat SIM online baru, pelaksanaan tetap di mana sesuai e-KTP berdomisili, tidak diproses di mana bapak ibu berada. Untuk SIM baru diproses di mana alamat sesuai KPT. SIM online ini sudah terintegrasi di e-KTP di Dukcapil sehingga kalau KTP tidak sesuai dengan kemendagri tentu identifikasi awal akan ditolak, e-KTP sebagai basis permohonan SIM,” tutupnya.

Nah jadi musti diinget inget nih tanggal kadaluwarsanya SIM supaya saat mau perpanjang tidak perlu dateng ke satpas SIM tempat dikeluarkannya SIM, bisa dimana saja….. Gimanaaa?

Advertisements

2 responses to “Mulai 27 September 2015 Sudah Bisa Perpanjang SIM Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s