Inovasi Anak Bangsa: Jaket Anti Kantuk

Hai… Apa kabar?

Wah wah….ternyata kalau di apresiasi anak anak Indonesia juga memiliki potensi yang menjanjikan…. Kalau sebelumnya mereka bisa menemukan helm yang memiliki manfaat lebih seperti helm berpendingin, helm anti gegar otak dan helm anti kantuk…

Helm Yang Punya Manfaat Plus

Maka baru baru ini dua siswi SMA berhasil menciptakan jaket anti kantuk….mantaab….apalagi mereka didukung LIPI… Nah disadur dari detik.com menanggapi tingginya angka kecelakaan karena pengemudi ngantuk membuat dua siswi SMA ini menciptakan jaket pengusir ngantuk. Jaket ini bisa digunakan untuk pengendara motor ataupun mobil.

1a2487c9-400f-413f-b861-bce4201e0914_169

Kedua siswi itu adalah Kamila Sedah Kirana dan Nurin Jannatin. Saat menemukan alat ini keduanya masih duduk di kelas XI jurusan IPA. Sekarang mereka sudah duduk di kelas XII.

“Nama alatnya Sleepy-Reminding Jacket sebagai standar keselamatan berkendara sebagai pengingat pengantuk,” kata Nurin saat berbincang dengan detikcom, Rabu (2/9/2015).

Sistem kerja alat ini adalah dengan menggunakan sensor denyut nadi. Ada 3 perangkat utama di alat ini yakni sensor, processor dan penggetarnya. Alat sensor denyut nadi dipasang di ujung jari atau di telinga.

“Jadi kalau orang ngantuk itu denyut nadi turun atau di bawah nomal. Sensor akan membaca denyut nadi jika lemah maka alat yang ada di belakang jaket akan bergetar dan membuat pengendara terkejut,” jelas Nurin.

Bentuk alat getarnya berukuran 10×10 cm dan diletakan di kantong belakang jaket. Alat tesebut portable dan bisa dicopot sehingga jaket juga bisa dicuci. Untuk biaya juga relatif terjangkau, alatnya Rp 400 ribu dan jaketnya Rp 89 ribu. Jaket bisa disesuaikan dengan selera masing-masing pengguna.

3c1eb22e-6043-4555-950a-2e923e24fca5_169

“Alatnya pakai batrai 9 volt dan bisa diisi ulang. Bisa juga dihubungkan ke powerbank atau laptop untuk isi batrainya,” ujar Nurin.

Temuan Kamila dan Nurin ini menjadi Finalis National Young Inventors Award (NYIA) ke-8 Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Saat pameran jaket tesebut banyak menarik perhatian pengunjung.

“Banyak yang minat dan tanya sudah dipasarkan belum,” katanya.

Saat ini Nurin dan Kamila sedang mengembangkan alat tersebut. Mereka ingin agar alarm pengingatnya bukan hanya getaran tetapi juga berupa suara.

“Ini kita mau kembangkan dulu berupa alarm suara,” tutup Nurin.

9f18c5aa-74f8-4d94-9a0f-297ade2be82f_169

Nah kan sesuatu yang sederhana tapi sangat bermanfaat……betul siiih memaksakan mengendarai kendaraan saat ngantuk bisa fatal akibatnya dan memang rata rata kecelakaan salah satu penyebabnya adalah rasa kantuk yang mendera pengendara…menurut YHT jaket ini cocok sebagai sistem peringatan dini bagi pengendara yang ngantuk bahwa kondisi badannya tidak fit untuk terus berkendara dan harus istirahat….. Apa lagi akan ada fitur alarm suaranya hehe…

Ayo para investor ada yang mau invest jualan jaket anti kantuk? Sekalian untuk mengapresiasi hasil karya anak bangsa nih…

Gimanaaa..???

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s