Single Wheeled Electric Motorcycle

Wow…afa kabar?

Maaf dengan judul artikelnya yang pake bahasa Inggris….soalnya bingung untuk mengartikannya jadi bahasa Indonesia dan dibuat menarik sebagai judul….eniweiiii…. Pernah ngebayangin ngga kalo sepeda motor rodanya satu? Pastinya udah kayak di film film atau malah kepikiran sirkus? Dengan sepeda roda satunya?? Hehehe…yaah mirip mirip begitulah…. Idenya memang datang dari film anime….

us5250_self-balancing_ryno_electric_microcycle-57@2x

Memang keliatan sebagai sesuatu yang absurd… dan dongeng banget…. Pertanyaan pertama adalah gimana cara seimbanginnya? Gimana parkirnya? Atau mesinnya ditarok dimana? Tapi yang namanya manusia diberikan kelebihan oleh Yang Maha Pencipta dapeeet aja caranya…bisaaa aja bikinnya….

Menggunakan teknologi Gyroscope yang Prinsip kerjanya sendiri pada dasarnya merupakan prinsip kelestarian momentum sudut. Apabila suatu gyroscope berputar, maka ia akan mempunyai vektor arah dan kecepatan. Sekali ia berputar, maka gangguan dari luar hanya akan mempengaruhi sementara, lalu giroskop menyeimbangkan dirinya kembali, oleh sebab itulah sepeda motor beroda satu ini dapat berdiri seimbang.

Ada dua tipe yang saat ini beredar…keduanya sudah bisa dipesan kok…hanya saja memang harganya yang masih muahal….

Ryno Motors, Amerika Serikat

Chris Hoffmann membangun Ryno setelah anaknya yang kala itu berusia 13 tahun menanyakan kepadanya apakah dia sanggup membangun sebuah sepeda motor beroda satu seperti yang telah dilihatnnya di video game Dragonball. Tentunya sebagai seorang ayah yang juga insinyur mesin dengan pengalaman lebih dari 15 tahun membuatnya penasaran…. Setelah sekian lama muncullah Ryno…hanya saja dengan segala kelebihannya terutama desainnya yang ciamik, elegant dan futuristik Ryno harus ditebus dengan harga US$ 5,250. Cukup mahal…

us5250_self-balancing_ryno_electric_microcycle-29@2x us5250_self-balancing_ryno_electric_microcycle-6@2x

Yongkang Mototec, Tiongkok

Nah seperti biasa orang orang dari Tiongkok ini sangat cepat dalam mengadaptasi suatu hal yang baru….belum lama berselang Ryno diumumkan ternyata sekarang sudah ada “saingannya” dari Tiongkok. Mengusung merk Forthgoer Electric Unicycle, Yongkang Mototec merilis motor ini dengan harga jauh lebih murah yaitu di US$ 1,200. Namun seperti dikutip dari situs Ali Baba seperti biasa belinya harus dalam jumlah banyak mas…hehehe…minimum 30 unit…. Hmm mau bukak dealer? Tapi memang dengan harga yang terpaut jauh harus dikompensasikan dengan desain yang bisa dibilang apa adanya…lebih sederhana bahasa halusnya…hehehe…sudah begitu bagaimana dengan build quality nya? Belum tau sih…soalnya belum lihat produknya secara langsung….

20154335233400 20154335821985

Oiya Forthgoer ini di Amerika Serikat masuk dengan nama Motopogo dan di banderol US$ 3,500…Etdah ambil untungnya gede banget yak…mentang mentang kompetitornya harganya jauh lebih mahal….hehehe….

Naaaah….kira kira nih….kalo produk ini masuk ke Indonesia gimana menurut pemirsa? Akankah bisa dijual? Atau cocokkah dengan situasi di Indonesia?

Advertisements

9 responses to “Single Wheeled Electric Motorcycle

  1. Pingback: Inovasi Anak Bangsa: Sepeda Motor Listrik Beroda Satu | yht2506·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s