Punya Mobil Tapi Ngga Punya Skill Parkir? Tenang Saja, Bakal Ada Solusinya…

Halo..halo… Afa kabar?

Habis seharian pergi lalu blogwalking dan tersandung artikel dari singindo.com mengenai pemilik mobil mewah yang “ngga” bisa parkir namun malah dengan sengaja menabrakan mobilnya ke mobil orang lain agar bisa masuk ke space parkirnya….menyedihkan…..

ParkirOtomatis

Nah bagaimana untuk menghindari hal tersebut ada sebuah aplikasi yang bisa membantu menemukan parkir yang pas untuk mobil kita dan bahkan mobilnya bisa parkir dengan sendirinya, sehingga bagi para pengemudi yang skill nya pas pasan (bukan hanya skill mengemudi, tapi juga skill membaca situasi) bisa memasrahkan kepada mobilnya untuk parkir sendiri…hehehe…

Tapiii…bukannya sudah ada tuh yang namanya parking assist yang membantu memutarkan setir ketika ingin parkir? Nope….yang YHT maksudkan disini adalah mobil yang dikendarai benar benar mencari dan memarkirkan dirinya sendiri tanpa dikendalikan oleh pengemudinya… Wuiiih….udah kayak film science fiction yaa…..

Apakah ada? Yaaah…mari berharap tidak lama lagi hal tersebut bakal ada…. Karena seperti dilansir oleh Otomotifnet.com, Bosch dan Daimler sedang bekerja sama mengembangkan sistem parkir otomatis, dimana pengemudi tidak perlu lagi mencari tempat parkir kosong. Cara kerjanya gimana sih? Fitur parkir otomatis atau otonomous parking ini bekerja dengan menggunakan smartphone, semua proses akan dikirimkan dari smartphone ke vehicle control unit agar mobil bisa parkir sendiri tanpa bantuan pengemudi sama sekali.

Hal ini dimungkinkan dari infrastruktur intelijen yang ditanamkan di tempat parkir dan pada vehicle control unit dari Mercedes-Benz terbaru. Untuk itu, Bosch dan Daimler bekerja sama dengan car2go dari Juni 2015 lalu untuk menggunakan car sharing dalam Mercedes-Benz yang digunakan itu.

Cara bekerja sistem parkir otomatis buatan Bosch dan Daimler ini cukup mudah. Pertama, pemilik mobil dapat menggunakan smartphone untuk memanggil kendaraannya lewat car2go. Mobil akan mendatangi pemiliknya setelah ia berada dalam zona pick-up. Skenario sebaliknya agar pemilik turun di drop-zone lalu mobilnya mencari dan parkir secara otomatis juga dapat dilakukan.

Dalam kerjasama ini, Bosch mengembangkan infrastruktur khusus yang diperlukan tempat parkir mobil, lalu sensor untuk melihat tempat parkir yang kosong, kamera dan teknologi komunikasi.begitu juga dengan di dalam mobil, yang selanjutnya akan disesuaikan oleh Daimler yang membuat user interface hingga menyesuaikan komponen kendaraan. Daimler melakukan pengembangan ini dalam kendaraan car2go.

Waah…ajiib niiih….cuman ya memang gedung gedung perkantoran maupun mall mall harus mau investasi agar sensornya bisa dipasang di lahan parkir mereka niiih…. Kira kira mau gak yaa…. Meski masih baru, teknologi parkir otomatis ini sebelumnya telah diterapkan di BMW Seri 7 terbaru menggunakan BMW Remote Key. Sehingga dengan kerja sama Bosch dan Daimler, terlihat jelas akan semakin meningkatkan persaingan antara duo raksasa Jerman, Mercedes-Benz dan BMW.

Naah…gimanaa? Jadi para pemilik mobil mewah atau mobil besar yang punya skill nyupir pas pasan bisa dengan santai lenggang kangkung turun di lobby dan mobilnya parkir sendiri deeh…hehehehe….

Advertisements

2 responses to “Punya Mobil Tapi Ngga Punya Skill Parkir? Tenang Saja, Bakal Ada Solusinya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s