Mercedes Benz G63 AMG 6×6

Kemarin sambil ngabuburit ajak keluarga nonton ke bioskop…pas film Jurassic World tayang. Akhirnya YHT sekeluarga nonton film itu, seru juga…. Not bad lah untuk hiburan.. Tapi di tengah film ada hal  yang menarik perhatian YHT, ada sebuah kendaraan dari Mercedes Benz yang dipakai ajib, keren monster banget. Akhirnya tadi sore baru sempet browsing cari tau….ternyata e ternyata jenisnya G63 AMG 6×6….wuih sadiiisss…

Rupanya saat kendaraan ini pertama kali dibuat karena pesanan khusus seorang sheik di Dubai, oleh karena itu maklum jika tak ada data teknis. Meski datanya rada misterius, namun tampilan 6 rodanya yang sangar seolah “memaksa” Mercedes memberikan informasi tambahan. Malah, karena menuai perhatian besar, akhirnya justru diumumkan bahwa versi ini akan diproduksi secara ekslusif, hanya 20 hingga 30 unit setahun mulai Oktober 2013. Nah begini nih fitur dan spesifikasinya mengutip dari jip.co.id

Karena eksklusifnya itu, harganya pun dipatok 3 kali lipat AMG G63 biasa, alias mendekati US $500 ribu! (kurang lebih Rp 5 miliar) Meski sangat mahal, rasanya tak menjadi masalah buat juragan minyak dan anggota keluarga kerajaan di Dubai. Toh, spesifikasi semacam ini memang dibuat pertama kali untuk mereka kok.

Sebenarnya ini bukanlah G-Class beroda 6 yang pertama bagi Mercedes. Toh, mereka sudah membuat versi militer berbasis G320 CDI. Kendaraan pesanan Australia itu sudah operasional semenjak 2011 lalu.

Varian berlabel AMG ini mengambil dasar dari versi miiliter itu. Tentunya dengan beberapa perbedaan spesifikasi yang membuatnya lebih cocok untuk keluarga kerajaan.

Dibanding versi 4 rodanya, G63 beroda 6 ini lebih panjang 1.105 mm, lebih lebar 226 mm, dan lebih tinggi 272 mm. Maklum, basisnya militer dan wheelbasenya memang mengakomodir 3 gardan.

Bila dimensi mengikuti militer, maka mesin dan transmisi merunut versi AMG. Mesin diesel 3.000 cc pada militer, diganti V8 bensin twin turbo bertenaga 536 dk. Girboks otomatis 5 speed pun ditukar versi 7G-Tronic yang lebih sporty dan canggih. Dengan spesifikasi seperti ini, “diperkirakan akeslerasi 0-100 km per jam dapat dicapai kurang dari 6 detik,” begitu ungkap Axel Harries, Chief of G-Class Development.Namun, demi alasan keamanan, kecepatan puncak juga dibatasi hingga 160 km per jam saja. Maklum, ban standarnya yang berukuran 37 inci tidak didesain untuk ngebut sekencang itu.

Soal kemampuan off-road, tak perlu diragukan lagi. Basis kendaraan militer menjamin ketangguhannya. Namun dengan ground clearance 460 mm, sudutapproach dan departure masing-masing 52 dan 54 derajat, serta fording depth hingga 39,3 inci, monster 6 roda ini pun tak khawatir diajak petualangan ekstrem, apalagi medan gurun.

Enam roda tentu membawa traksi luar biasa, sekaligus kerumitan pengaturan drivetrain. Transfercase-nya memiliki rentang rasio yang lumayan jauh, dari 0,87 : 1 untuk jalan mulus, hingga 2,16: 1 untuk off-road. Tentu dilengkapi pengunci diferensial elektronik dengan pembagian tenaga untuk gardan depan, tengah dan belakang berkomposisi 30 : 40 : 30. Bila G-Class diesel yang kami coba tahun lalu memiliki 3 pengunci differensial, maka yang enam roda ini punya 5 diff-lock, yang dioperasikan via 3 tombol pada dasbor.

Jangan lupa, selain rodanya ada enam, setiap roda juga berukuran besar, yakni 37 inci, dan terpasang pada pelek 12,5 inci. Mendukung ground clearance tinggi adalah sistem gardan portal, yang juga berarti tambahan rasio gigi lagi yang membuatnya lebih sakti.

Bak

Meski statusnya pikap, jangan mengira bak belakangnya siap untuk kerja keras. Ingat, ini adalah kendaraan para raja minyak, jadi bak belakang justru dihiasi lapisan bambu bernuansa mewah. Ada rollbar sederhana untuk membantu struktur bodi dan sasis. Sedangkan bak sendiri mampu menahan barang hingga 700-an kg.

Kabin

Interior bernuansa mewah. Lapisan kulit dan Alcantara menutupi sebagian besar panel dan jok. Jok belakang yang biasanya berisi bangku untuk tiga orang, diganti dua buah jok dengan pengaturan elektronik, yang tentu berlapis kulit.

Suspensi

Tampak terpasang sokbreker dengan reservoir, yang ditopang per keong untuk semua roda. Pemasoknya tak tanggung-tanggung, yakni Ohlins yang sudah terkenal di lintasan balap.

Kaki

As kopel untuk gardan belakang langsung dari gardan tengah. Sekalian perhatikan konstruksi lengan ayun dengan sumbu karet, mirip Landy Defender.

Kompresor

Agar lebih sakti di medan pasir, maka dipasang sistem pengatur tekanan angin ban yang dikendalikan dari dalam kabin. Sebuah kompresor terhubung dengan empat tangki udara memungkinkan kita mengatur tekanan ban dari 7,3 Psi hingga 26 Psi, hanya dalam 20 detik!

Angin

Inilah pengaturan tekanan angin ban yang ada di kabin. Simpel, praktis, dan sangat efektif ketika menembus medan bertraksi minim seperti gurun pasir.

Spesifikasi

Mesin                 : V8 DOHC 32-valve Bensin

Sistem induksi   : Injeksi elektronik dengan twin-turbocharger dan intercooler

Kapasitas           : 333 cu in, 5.461 cc

Tenaga               : 536 dk

Transmisi           : Transfercase 6×6, 7-speed automatic

Kemudi              : Power Steering Hidraulis

Gardan              : Portal solid

Suspensi           : Per Keong + Sokbreker Ohlins

Ban                   : 37×12,50R18

Advertisements

7 responses to “Mercedes Benz G63 AMG 6×6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s