Honda Just, Sekuter Mini nan Unik

Hari Minggu tanggal 14 Juni pagi YHT dan keluarga berkunjung ke rumah saudara yang mengundang hajatan di Bogor, alhamdulillah perjalanan ke Bogor cukup lancar…hanya saat menuju Cipaku sedikit terhambat macet karena ada pengalihan arus kendaraan yang menuju Sukabumi. Berhubung saat tiba di sana jam sudah menunjukkan pukul 11 dan situasi sudah ramai maka YHT sekeluarga masuk lewat garasi… Nah disitulah YHT melihat ada sesosok sebuah sekuter tergeletak diantara mobil dan sepeda di dalam garasi yang tidak terlalu besar itu. Tanpa pikir panjang lagi langsung YHT dekati dan amati ternyata di tebeng depan sekuter yang masih dalam kondisi mulus tersebut tertera tulisan Honda Just. Waw…menarik nih…apalagi setelah YHT amati lebih jauh ada fitur fitur yang tidak biasanya ada di sekuter jaman sekarang kebanyakan ini… Sayang kondisi garasi yang penuh membuat YHT tidak leluasa memfoto dari sudut yang berbeda…

Honda Just

Honda Just

Yang menarik adalah ternyata di bagian bawah spidometer ada tuas untuk rem parkir…weh udah kayak mobil aja nih…

Parking brake

Parking brake

Nah ternyata usut punya usut Honda Just adalah salah satu varian dari Honda Gyro series. Honda Gyro sendiri adalah jenis skuter kecil, beroda tiga, kendaraan single-rider dijual terutama di Jepang, dan sering digunakan untuk pengiriman atau layanan ekspres. Kendaraan ini bisa melakukan manuver seperti motor roda dua pada umumnya dengan memiringkan body namun dua roda di belakangnya tetap pada kondisi tegak lurus. Skuter ini menggabungkan stabilitas berhenti & kecepatan rendah roda tiga dengan bagian utama yang bisa condong untuk stabilitas saat berputar dengan sedikit cepat. Dengan menggunakan pod belakang kecil berengsel yang berisi mesin dan berpenggerak dua roda. Varian dengan mesin sperti ini sebetulnya dikembangkan dan dipatenkan oleh George Wallis dari GLWallis & Son di Surbiton, Surrey pada tahun 1966. Pertama kali dipasarkan BSA Ariel 3 Tahun 1970 namun gagal, lalu lisensinya dibeli oleh Honda. Sejak saat itu Honda telah membangun tujuh seri dengan konfigurasi ini.

Varian pertama adalah The Stream yang diperkenalkan pada tahun 1981, diikuti oleh tiga versi transportasi pribadi lainnya, Joy, Just, dan Road Fox. Semuanya berumur pendek, tapi garis Gyro yang berorientasi kargo dimulai pada tahun 1982 menemukan pasar yang siap, dengan tiga varian masih dalam produksi pada tahun 2015. Perlu dicatat bahwa kendaraan ini semua didukung oleh 49 cc 2 langkah, sementara Honda memiliki sejarah panjang memproduksi 49 cc moped 4 langkah dan sepeda motor ringan yang memungkinkan kendaraan ini beroperasi dengan mesin-ukuran kelas lisensi terbatas di Jepang, memaksa Honda untuk menyediakan mesin 2 langkah guna memberikan daya yang cukup untuk kendaraan kecil yang relatif berat ini.

Honda Just yang diperkenalkan pada Mei 1983 merupakan varian ketiga setelah Stream dan Joy dari Honda yang menggunakan tiga roda, dan memiliki fitur utama seperti disebut di atas. Ini adalah kendaraan berpengendara tunggal dengan transmisi otomatis dan ” sekali tekan ” rem parkir . Memiliki pod belakang berengsel kecil yang berisi 49 cc 2 langkah dan dua roda penggerak bertenaga melalui limited slip differential . Memiliki style yang lebih menarik ketimbang pendahulunya dan harga ¥ 129.000 . Alih-alih keranjang sepeda bergaya depan , ia memiliki kotak kompartmen di balik legshieldnya. Pembuatannya dihentikan sebelum tahun 1984 untuk kemudian digantikan oleh Honda Road Fox.

Berikut gambar yang YHT dapet dari hasil konsultasi dengan mbah gugel….

1346554956772_bulletin1346554992531_bulletin1346554945354_bulletin1346554990909_bulletin

Advertisements

5 responses to “Honda Just, Sekuter Mini nan Unik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s