Waw.. Toyota Merambah ke Bisnis Properti?

 Seperti Mainan, Rumah di Bekasi Ini Bisa Dibongkar Pasang

Ediaaan…gara gara kena macet di tol jagorawi jadi miss nonton MotoGP deh…..sampek rumah tinggal baca baca sekian banyak ulasannya dari beberapa blog papan setrikaan atas….

Eniwei Yamaha merajai MotoGP dengan menduduki posisi 1 dan 2, nah tidak hanya Yamaha yang merajai….ternyata Toyota juga merajai…(loh ngga nyambung…) tak puas dengan penjualan dibidang otomotif dan menggeliatnya penjualan properti di Indonesia (walaupun untuk sektor ini sepertinya saat ini sedang dalam kondisi flat) membuat Toyota ingin merasakan gurihnya industri properti. Berlabel Toyota Housing yang fokus pada pembuatan rumah (house maker) pun coba berekspansi ke Indonesia.

Berlokasi di kawasan Jatimulya Indah, Bekasi, diberitakan oleh rumahku.com Toyota Housing membeli 1,5 hektare lahan yang dimiliki oleh perumahan Sakura Regency 3 (seluas 64 hektare) untuk dibangun hunian eksklusif ala Jepang. Menurut pihak Toyota Housing, akan ada 114 unit rumah, dari total 463 rumah di Sakura Regency 3 yang akan mereka bangun.

Tingginya kebutuhan akan rumah tinggal menjadi salah satu alasan Toyota Housing berekspansi di Indonesia. Wajar saja, menurut BPS (Badan Pusat Statistik), pada tahun 2015 defisit perumahan yang dialami Indonesia mencapai angka 15 juta unit. Bahkan lebih dari setengahnya, yakni sebanyak 7,79 juta ada di pulau Jawa.

Selain untuk memenuhi kebutuhan backlog, Akihiro Hara, Presiden Toyota Housing Indonesia menjelaskan beberapa perbedaan antara rumah Jepang dengan rumah konvensional Indonesia, khususnya dari materialnya. Seperti tidak menggunakan batu bata tapi diganti dengan gypsum, serta tidak menggunakan tiang pancang namun diganti dengan dinding sebagai pondasinya.

“Perbedaan itu membuat rumah Toyota Housing memiliki lima kelebihan jika dibandingkan dengan rumah konvensional Indonesia. Salah satunya adalah, rumah ini bisa dipindah-pindah ke mana pun Anda suka,” tegas Hara.

Agung Wahyudi, General Manager Administration & Marketing PT Toyota Housing Indonesia saat ditemui tim Rumahku.com menambahkan, rumah ini memungkinkan untuk dibongkar pasang karena tidak ditempel dengan semen, melainkan dikaitkan dengan sekrup khusus dari Jepang.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah fondasinya. Rumah ini bisa dipindah asalkan menemukan pondasi yang tepat, karena pondasi pada rumah ini harus kokoh dengan sistem cor, tidak bisa disembarang tempat.

Selain bisa dibongkar pasang, masih ada empat kelebihan lain yang ada pada rumah Toyota Housing. Apa saja itu?

1. Tahan Gempa

Konsep utama yang ingin ditekankan pada pembangunan rumah tersebut adalah ketahanan rumah terhadap gempa. Melalui pengaplikasian dinding panel yang terikat dengan rangka baja, rumah besutan Toyota Housing dinilai mampu menahan gempa hingga 7 skala richter.

2. Lapisan Ganda Pada Atap dan Dinding Luar

Selain itu, rumah ini juga memiliki lapisan ganda pada atap dan dinding bagian luar, gunanya untuk mencegah kebocoran.

3. Ventilasi Natural

Kemudian ada pula insulasi dan loteng yang didesain untuk menghadirkan ventilasi natural, sehingga suhu dalam rumah tetap normal (tidak terpengaruh suhu luar rumah)

4. Efisiensi Waktu

Jika standar rumah konvensional dibangun dalam waktu 8 sampai 11 bulan, rumah ini bisa dibentuk hanya dalam kurun waktu 3 – 4 bulan saja. Uniknya, pembangunan rumah ini tidak butuh tukang khusus, asal mengetahui sudut-sudut serta sekrupnya. Hara menyatakan siapapun bisa membangun rumahnya sendiri.

Garansi 2 Tahun

Dibanderol dengan harga Rp1.5 miliar, Toyota Housing menawarkan 3 tipe bangunan dua lantai semi furnish, diantaranya : Type A 132 (7×16), kamar tidur 4+1 dan kamar mandi 3+1, dengan pintu samping. Type B 132 (7×16), kamar tidur 3+1 dan kamar mandi 2+1, dengan pintu samping. Type C 132 (7×16), kamar tidur 3+1 dan kamar mandi 2+1, tanpa pintu samping.

Selain itu, ada pula garansi selama dua tahun yang dijamin oleh pihak Toyota Housing. Jadi Anda tidak perlu khawatir rumah akan rapuh, bocor atau jebol.

Gimana?

Advertisements

3 responses to “Waw.. Toyota Merambah ke Bisnis Properti?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s