7 Keunggulan Motor Jadul

Motor jadul saat ini sedang menjadi tren kembali terutama di dunia modifikasi. Banyak orang yang mulai berburu motor jadul dengan berbagai alasan baik itu untuk dimodifikasi ataupun sebagai bahan restorasi untuk kepentingan nostalgia. Tentunya ada alasan dibalik itu semua, motor jadul ini memiliki sejuta kenangan yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Memang sejatinya memiliki motor jadul itu adalah sebuah “selera” dari masing-masing individu. Selera memang tidak bisa dipaksakan. Padahal jika dipikir-pikir motor jaman sekarang jauh lebih mudah untuk digunakan dan juga memiliki harga yang relatif murah. Dibalik itu semua motor jadul ternyata menyimpan berjuta keunggulan. Motor jaman dulu yang sering anda lihat di jalanan tersebut memang tidak bisa dibandingkan dengan motor jaman sekarang. Kecepatan larinya yang hanya beberapa km/jam saja membuat motor ini bukan apa-apa dibandingkan dengan motor jaman sekarang. Meskipun begitu, masih ada saja faktor yang membuat motor jaman dahulu ini sulit untuk ditandingi oleh motor jaman sekarang sekalipun. Ingin tahu apa saja keunggulan motor jadul ini? Simak ulasannya yang dikutip dari pricearea.com dibawah ini.

1. Unik

honda-ct-90-tampak-kiri
Motor klasik memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan motor yang beredar di pasaran. Jaman sekarang populasinya sudah semakin sedikit, tidak seperti di jamannya yang banyak orang masih memanfaatkan motor jadul ini untuk kebutuhan sehari-hari. Sudah pasti anda akan menjadi pusat perhatian ketika menggunakan motor ini di jalanan ibukota. Hal ini dikarenakan motor anda terlihat lain daripada yang lain. Bahkan beberapa orang akan kesulitan untuk mengenali motor apakah yang sedang anda kendarai.

2. Investasi

images (1)
Harga motor terbaru sebentar saja dipakai sudah pasti mengalami penurunan – walaupun entah menjadi berapa dalam beberapa belas tahun kedepan. Hal ini tentunya tidak akan dialami oleh motor klasik. Semakin tua dan semakin langka motor tersebut, justru harga jualnya semakin naik. Sebagai contoh, jika anda membeli Vespa atau Honda CB di tahun ini dengan harga Rp 5 juta, maka beberapa tahun ke depan pastilah harga motor tersebut sudah bisa mencapai angka Rp 10 juta rupiah. Asalkan anda dapat merawat dan menjaga keorisinilan spare part motor, pastilah motor tersebut akan melambung tinggi harganya. Bagi anda yang menyukai modifikasi atau restorasi motor tua, pastilah mengetahui hal ini. Bahkan di beberapa tempat di Indonesia ada saja orang yang menjual motor lawas mereka dengan harga yang hampir menyamai sebuah Kawasaki Ninja 250. Motor Honda CB yang sudah mengalami restorasi total dan memiliki desain yang ciamik dapat dihargai lebih dari Rp 12 juta. Hal ini tentulah menjadi investasi yang tepat untuk anda.

3. Kuat

bangkai-motor-superbike-klasik-1939-brough-superior_663_382-500x288
Motor jaman dahulu memiliki material yang sangat kuat. Hampir keseluruhan part dari motor jadul ini terbuat dari besi. Jaman dulu metalurgi pembuatan motor ini terbilang jauh lebih baik daripada jaman sekarang. Hal ini dikarenakan ketebalan dari besi yang digunakan berbeda. Oleh karena saat ini harga bahan baku yang semakin mahal membuat motor jaman sekarang hanya menggunakan besi yang lebih tipis daripada jaman dahulu. Itulah yang menjadikan alasan kenapa motor klasik itu kuat-kuat. Jika motor sekarang mayoritas bagian bodinya menggunakan plastik, motor jaman dahulu justru menggunakan part plastik yang jauh lebih sedikit. Hanya di beberapa bagian saja yang menggunakan plastik.

4. Anti Maling

berita-komplotan-curanmor-spesialis-pahat-digulung-28350_a

Walaupun bukan tidak mungkin dicuri tetapi dibandingkan dengan motor keluaran terbaru, motor lawas justru lebih kebal terhadap maling. Mungkin maling berpikir bahwa mencuri motor lawas justru akan merugikan dirinya sendiri. Selain tidak bisa lari kencang, biasanya motor lawas memiliki karakter yang hanya diketahui oleh si pemilik saja. Jadi tidak sembarang orang bisa memakai motor tersebut. Ditambah lagi spare partnya yang sudah langka akan menyulitkan si pencuri untuk menjual barang curiannya tersebut. Bahkan beberapa waktu lalu ada seorang pencuri motor yang nekat mencuri sebuah motor Honda CB. Setelah beberapa jam, pencuri dapat diringkus karena ada seseorang anggota klub motor klasik yang mengenali motor tersebut. Motor klasik pastilah memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan motor-motor lainnya. Oleh karenanya motor klasik ini sangat unik karena tidak ada yang menyamainya. Meskipun begitu, anda juga harus tetap waspada akan motor anda sendiri. Jangan sampai mentang-mentang motor tua anda membiarkan kunci motor tetap tergeletak di motor. Hal ini justru mengundang maling untuk membawa pergi motor klasik anda.

5. Mesin Mudah Dimodifikasi

honda
Banyak komunitas motor klasik khususnya motor Honda CB yang memodifikasi mesin motornya untuk mendapatkan tenaga yang setara dengan motor baru. Mesin motor ini sangatlah mudah untuk dimodifikasi. Banyak CB yang dimiliki anak mudah sudah berjantung Honda Tiger. Bahkan ada beberapa motor ini yang ditambah satu atau dua silinder lagi. Tentulah mesinnya menjadi lebih dari satu silinder. Modifikasi ini terbilang ekstrim dikarenakan sudah mengubah basic mesin motor itu sendiri. Ada kebanggan tersendiri jika mampu mengubah motor jadul dapat berlari kencang layaknya motor jaman sekarang ini

6. Irit

honda800-500x352
Percaya atau tidak, motor-motor jaman dahulu cenderung lebih irit dibandingkan motor jaman sekarang. Hal ini dikarenakan kapasitas mesin motor jadul yang kecil. Hal ini tentu tidak akan membutuhkan banyak bensin utnuk membuat motor tersebut dapat berjalan. Bahkan salah satu produk Honda yakni Honda Astrea 800 pernah diklaim oleh pabrikan memiliki konsumsi BBM paling irit di kelasnya. Motor ini mampu mencapai 115 km untuk 1 liter bensin. Sungguh rekor yang sangat sulit untuk ditandingi oleh motor jaman sekarang sekalipun. Tidak bisa dipastikan dengan pasti apakah klaim Honda tersebut benar adanya atau tidak. Namun sungguh menjadi prestasi yang sangat luar biasa jika hal tersebut benar terjadi. Selain itu, Honda juga sudah sangat terkenal dengan image motor irit dan awet. Walaupun tidak dapat dipungkiri karena keausan spare part bisa saja saat ini motor tersebut tidak seiirit saat pertama kali diluncurkan.

7. Bebas Tilang

vespa-bebas-tilang
Pengalaman beberapa kawan yang memiliki motor jadul ketika ada razia dari pihak kepolisian, maka motor jaman dahulu tersebut justru dibiarkan pergi. Polisi mungkin malas memeriksa kelengkapan motor yang sudah uzur. Namun beberapa motor masih memiliki kelengkapan surat yang lengkap. Pajak tahunan yang harus dikeluarkan untuk membiayai motor ini juga sangat murah. Jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya pajak motor baru. Walaupun saat ini untuk sebagian kasus hal tersebut tidak berlaku lagi, karena ada juga yang tetap ditilang terutama saat ada razia resmi dari kepolisian.

Ketujuh poin di atas merupakan sedikit keunggulan motor klasik dibandingkan motor terbaru. Berbicara masalah motor seperti ini memang sebaiknya kembali lagi ke selera masing-masing. Tentu saja motor baru memiliki berbagai keunggulan dibandingkan motor jadul. Namun hanya untuk mengingatkan saja bahwa masih ada motor jaman dulu yang memiliki berbagai keunggulan yang setara dibandingkan dengan motor jaman sekarang. You are what you ride, keep safety riding bro. Gimana?

Advertisements

2 responses to “7 Keunggulan Motor Jadul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s