Waspada Beras Palsu Sudah Menyebar!

Afa kabar semuah?

Rupa rupanya wacana beras palsu yang berasal dari plastik yang beredar di sosial media sudah menjadi siaga satu nasional. Bahkan beritanya sudah di bahas media televisi yang artinya bisa menimbulkan potensi masalah nasional….

Dari Republika.co.id; Saat ditelusuri ternyata memang ada pedagang nasi uduk yang disinyalir telah membeli beras sintetis tersebut. Menurut kesaksian yang bersangkutan beberapa ciri cirinya adalah berasnya tidak memiliki bulir, dan jika dimasak menjadi bubur saat dingin bentuknya tidak mengental dan tidak menyatu, tapi seperti belum matang. Bukannya menghasilkan bubur halus malah butirannya justru membesar tapi tidak halus. Biasanya bubur buatan saya halus dan lembut. Rasanya pun aneh dan lengket di lidah,

beras-plastik_20150519_183418

Selain itu jika saat menanak beras untuk dijadikan nasi, beras tersebut mengeluarkan banyak air dan basah. Kebalikan dengan beras biasa yang meresap air, beras sintetis malah mengeluarkan air.

Hingga kini kasus itu masih dalam penanganan Polresta Bekasi Kota dengan memeriksa pelapor serta lima orang saksi dari kios penjualan beras di Pasar Mutiara Gading.

Namun untuk menghindari terjadi salah beli di awal ada salah satu cara sederhana yang dianjurkan oleh Menteri Perdagangan Rahmat Gobel melalui jpnn.com yaitu dengan cara membakar sampel beras tersebut, lihat hasilnya apakah meleleh atau tidak. Jika meleleh itu berarti beras palsu, begitu tuturnya. Last, ini merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, jika ada masyarakat yang mengetahui atau mencurigai adanya beras palsu dijual maka sebaiknya langsung melapor ke aparat untuk bisa ditindak lanjuti.

Mudah mudahan Allah melindungi kita semua… Wallahu a’lam bish-shawabi

Advertisements

One response to “Waspada Beras Palsu Sudah Menyebar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s